Belajar Pemrograman Python: Bentuk Perulangan di Python

Beberapa tahun ini memang saya sering ngulik pemrograman python. Khusunya penggunaan selenium. Bisa di bilang pemrograman ini mudah dipelajari.

Sintaknya yang simple dan singkat tentu memudahkan bagi pemula untuk mempelajarinya. Apalagi cukup dengan code editor kita bisa langsung menjalankan dan melihat hasilnya.

Belajar Pemrograman Python Bentuk Perulangan di Python

Balik lagi di topik pembahasan ya... Didalam pemrograman apapun pasti terdapat fungsi perulangan, perulangan yang biasa digunakan adalah for dan while.

Hal itu juga terapat di bahasa pemrograman python. Di pemrograman python terdapat dua jenis perualangan dalam bahasa pemrograman python, yaitu perulangan dengan for dan while.

Perulangan for sendiri bisa disebut sebagai counted loop (perulangan yang terhitung), sedangkan dalam perulangan while disebut uncounted loop (perulangan yang tak terhitung).

Perbedaannya dari perulangan for dan while bentuk dan jumlah perulangannya. Jika pada perulangan dengan menggunakan for biasanya digunakan untuk mengulangi kode yang sudah diketahui banyak perulangannya.

Sementara perulangan menggunakan while digunakan untuk perulangan yang memiliki syarat dan tidak tentu berapa banyak perulangannya.

1. Perulangan For

Penggunaan perulangan for pada umumnya dapat dilihat pada kode di bawah ini.

for index in range(banyak_perulangan):
    # kode yang dijalankan
    # kode yang dijalankan
#kode ini tidak dijalankan karena berada di luar for

Contoh program python dengan perulangan for:

# nama-file: perulanganFor.py

banyakperulangan = 3
for i in range(banyakperulangan):
    print(f"Perulangan ke-{i}")

Langkah pertama adalah kita menentukan dahulu banyak perulangan yang akan kita lakukkan. Dalam hal ini kita menentukkan perulangan sebanyak 3 kali

banyakperulangan = 3

Setelah kita menentukkan banyaknya perulangan yang akan dilakukkan, tahap selanjutnya kita mengimplementasikan perulangan for ke dalam kode program python.

for i in range(banyakperulangan):
    print(f"Perulangan ke-{i}")

Bisa sobat lihat pada kode diatas variabel i berfungsi untuk menampung indeks setiap kali dilakukkan perulangan.

Sedangkan fungsi range() berguna untuk membuat list dengan range dari 0-3. Untuk fungsi str() sendiri digunakan merubah tipe data ineger ke string.

Bisa kita bayangkan bahwa range() berisi sekumpulan antrian, dimana dalam hal ini terdapat 3 antrian, dan variabel i berfungsi untuk menampung setiap antrian tersebut.

Selanjutnya mari kita coba jalankan kode python tersebut, dan sobat akan melihat hasilnya seperti di bawah ini.

Perulangan ke-0
Perulangan ke-1
Perulangan ke-2

Agar lebih mudah dipahami kita ganti range() dengan list.

# nama-file: perulanganFor.py

list = ['mangga','jeruk','nanas','pepaya']
for item in list:
    print(item)

Jika tadi kita menggunakan range() yang akan membuat list dari 0 sampai dengan 3, pada contoh kali ini kita menggunakan list.

Selanjutnya kita coba jalankan kode tersebut dan hasilnya seperti di bawah ini.

mangga
jeruk 
nanas 
pepaya

2. Perulangan While

Pengulangan dengan while pada pemgrograman python dapat sobat lihat pada kode di bawah ini


while(True):
    # kode ini dijalankkan
# kode ini tidak dijalankan karena berada di luar perulangan while

Sebagai contoh dari penggunaan pengulangan while dalam pemgrograman python sobat bisa lihat di bawah ini


# nama-file: perulanganWhile.py

jawaban = 'ya'
hitung_perulangan  = 0

while(jawaban == 'ya'):
    hitung_perulangan += 1
    jawaban = input("Ulang perulangan? (ya/tidak) : ")

print(f"Total perulagan: {hitung_perulangan}")

Sobat juga bisa menggunakan fungsi break dalam kode program. Kode break dalam Python digunakan untuk menghentikan eksekusi dari sebuah loop (seperti for atau while) secara tiba-tiba ketika suatu kondisi tertentu terpenuhi.

Ketika break dieksekusi, loop segera berhenti, dan eksekusi program dilanjutkan dari pernyataan setelah loop.


# nama-file: perulanganWhile.py

jawaban = 'ya'
hitung_perulangan  = 0

while(True):
    hitung_perulangan += 1
    jawaban = input("Ulang perulangan? (ya/tidak) : ")
    if jawab == 'tidak':
        break

print(f"Total perulagan: {hitung_perulangan}")

Dari kode diatas diawali dengan menentukkan variabel yang digunakan untuk menghitung terjadinya perulangan dan kapan perulangan tersebut berhenti.


jawaban = 'ya'
hitung_perulangan  = 0

Terdapat variabel jawaban untuk mendeklarasikan jika jawaban ya adalah proses perulangan dilakukkan dan jawaban tidak untuk menghentikan perulangan.

Sedangkan variabel hitung_perulangan digunakan untuk menghitung banyaknya perulangan. Dalam hal ini variabel hitung_perulangan dengan nilai 0 dan pada saat terjadi perulangan akan ditambah nilainya dengan 1


while(jawaban == 'ya'):
    hitung_perulangan += 1
    jawaban = input("Ulang perulangan? (ya/tidak) : ")

Saat pertama kali kode di jalankan maka nilai dari variabel hitung_perulangan akan ditambah 1 melalui kode hitung_perulangan += 1.

Sampai disini berarti nilai dari variabel hitung_perulangan sudah berubah menjadi 1 dari sebelumnya 0. Selanjutnya baru muncul pertanyaan Ulangi perulangan? (ya/tidak), disini kita harus menjawab ya atau tidak.

Karena kita telah menulis kode program jika while(jawaban == 'ya'): maka akan dilakukkan perulangan lagi jika kita menjawab ya, namun jika kita menjawab selain ya dalam hal ini tidak maka proses perulangan akan berhenti.

Saat kita menjawab tidak maka kode yang akan di jalankan selanjutnya adalah print(f"Total perulagan: {hitung_perulangan}"). Kode ini akan menampilkan jumlah hitung_perulangan yang dilakukkan, dengan sebelumnya mengkonversi int ke str terlebih dahulu.


Ulang perulangan? (ya/tidak) : ya
Ulang perulangan? (ya/tidak) : ya
Ulang perulangan? (ya/tidak) : ya
Ulang perulangan? (ya/tidak) : tidak
Total perulagan: 4

Jika ada yang kurang mengerti tentang perulangan dengan for dan while sobat bisa menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami.

Sobat bisa tulis tutorial apa saja yang ingin sobat ketahui dan kami akan buatkan tutorialnya disini. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Comments