Makanan Khas Madura yang Wajib di Coba

Pulau Madura, yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa, merupakan sebuah tempat yang kaya akan budaya dan tradisi kuliner yang unik. Sobat tertarik mencicipi berbagai kuliner madura terkenal, tradisional dan lain-lainnya? Salah satu daya tarik utama pulau ini adalah kelezatan makanan khas Madura yang menggugah selera. Atau sobat sendiri sudah pernah atau sering berkunjung ke madura?

Dengan pengaruh budaya Jawa, Arab, dan Tionghoa, makanan khas Madura menawarkan beragam cita rasa dan variasi menu yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke sana. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa makanan khas Madura dan kuliner madura terkenal. Jika sobat ada menu atau makanan favorit dari madura yang belum ada di artikel ini, tulis di komentar ya.

Jika Anda sedang berkunjung dan berwisata ke Madura, jangan lupa untuk menikmati ragam kuliner lokal yang menggugah selera. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas madura sumenep yang bisa sobat nikmati.

makanan khas madura

Sate Madura

Sate Madura adalah makanan kuliner madura terkenal dan legendaris. Potongan daging sapi, ayam, atau kambing ditusuk menggunakan lidi bambu, kemudian dipanggang dengan arang.

Sate Madura disajikan dengan bumbu kacang khas, irisan bawang merah, dan lontong. Resep masakan ini menghasilkan daging yang empuk, bumbu kacang yang kaya, dan cita rasa gurih membuat Sate Madura menjadi hidangan yang menggoda selera dan sangat populer di seluruh Indonesia.

Kalau soal sate madura ini sudah sejak kecil saya mengenalnya, karena memang di desa saya ada penjual sate yang berasal dari madura. Bumbu kacangnya mamang sangat enak menurut saya, andaikan tidak paka sate cuma di makan dengan lontong saja sudah enak.

Sate Madura yang merupakan makanan khas madura memang akan lebih terasa nikmat jika makannya dipadukan dengan lontong dan dikonsumsi saat masih hangat. 1 lontong saja tidak cukup bagi saya.

sate madura
kemlu.go.id

Nasi Bebek Madura

Nasi Bebek Madura adalah hidangan nasi yang disajikan dengan bebek panggang. Resep ini dengan bebek yang dipanggang dengan sempurna memiliki kulit renyah dan daging yang lezat.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal terasi, lalapan, dan kuah kaldu bebek yang kaya rasa. Nasi Bebek Madura merupakan salah satu makanan khas Madura yang paling terkenal dan sering dicari oleh para pengunjung.

Soto Madura

Soto Madura adalah semacam sup yang terbuat dari kaldu ayam atau daging sapi yang disajikan dengan mie, irisan daging, taoge, telur, dan rempah-rempah. Masakan soto Madura memiliki rasa yang kaya dan kuah yang gurih.

Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan jeruk nipis dan sambal. Soto Madura adalah kuliner madura terkenal dan populer di Madura dan dapat ditemukan di hampir setiap penjuru pulau.

Soto madura terasa lebih nikmat apabila disajikan dan dinikmati dengan nasi yang masih hangat, jangan lupa diberi bubuhan bawang goreng dan irisan kentang yang sudah digoreng.

soto madura

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot merupakan makanan khas Madura yang unik dan memiliki rasa yang gurih. Dalam bahasa Jawa, “kokot” berarti tulang sapi, yang menjadi bahan dasar utama makanan ini. Tulang sapi dan sumsumnya dimasak dan dicampur dengan bumbu-bumbu khusus.

Masakan ini memiliki kuah yang kaya rempah dan ditambahkan dengan kacang hijau, yang memberikan cita rasa yang khas. Kaldu Kokot biasanya disajikan dengan lontong atau nasi hangat.

Dengan menggunakan bahan dasar tulang sapi, Kaldu Kokot memberikan nutrisi dari sumsum tulang yang kaya akan kalsium dan kolagen. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan dalam kuahnya juga memberikan aroma dan rasa yang lezat.

Kaldu Kokot merupakan salah satu makanan khas yang harus dicoba saat mengunjungi Madura. Rasanya yang gurih dan unik akan memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Madura yang satu ini!

Bebek Songkem

Bebek Songkem merupakan makanan khas Madura yang wajib dicoba bagi para pecinta bebek. Makanan ini terbuat dari bebek yang diolah dengan bumbu khusus dan dikukus dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma yang khas.

Bebek Songkem memiliki cita rasa yang tak kalah enak dengan bebek bakar maupun bebek goreng. Proses pengukusan dengan daun pisang memberikan tambahan aroma dan kelezatan pada daging bebek. Bumbu khusus yang digunakan dalam pengolahan Bebek Songkem memberikan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan dilengkapi dengan pelengkap seperti sambal, lalapan, dan acar. Rasanya yang lezat dan aroma yang khas membuat Bebek Songkem menjadi hidangan yang populer di Madura.

Jadi, ketika mengunjungi Madura, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Bebek Songkem yang lezat ini. Dapatkan pengalaman kuliner yang memuaskan dengan menyantap makanan khas Madura yang satu ini!

Soto Bangkalan

Soto Bangkalan adalah variasi lain dari soto khas Madura yang berasal dari daerah Bangkalan. Dalam hidangan ini, daging sapi atau kambing dimasak dengan rempah-rempah khas Madura seperti serai, jahe, dan kunyit.

Soto Bangkalan memiliki kuah yang kental dan beraroma harum. Hidangan ini juga disajikan dengan mie, telur rebus, dan potongan daging sapi atau kambing yang empuk. Soto Bangkalan memiliki cita rasa yang khas dan merupakan pilihan yang lezat bagi pecinta soto.

Soto Madura Kerapu

Soto Madura Kerapu adalah hidangan istimewa yang terkenal di Madura. Ikan kerapu segar dimasak dengan rempah-rempah khas Madura dalam kuah yang kaya dan lezat.

Soto ini biasanya disajikan dengan irisan daun bawang, tomat, dan bawang merah yang segar. Rasa ikan kerapu yang lezat dan kuah yang gurih membuat Soto Madura Kerapu menjadi hidangan yang sangat disukai oleh pengunjung.

Pecel Madura:

Pecel Madura adalah makanan khas Madura yang terdiri dari sayuran segar seperti kacang panjang, kangkung, daun singkong, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang yang khas.

Pecel Madura biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, serta dilengkapi dengan telur rebus, kerupuk, dan rempeyek sebagai pelengkap. Kombinasi sayuran segar dan bumbu kacang yang gurih membuat Pecel Madura menjadi hidangan yang lezat dan bergizi.

Rujak Madura

Rujak Madura adalah hidangan buah yang terkenal di Madura. Hidangan ini terdiri dari potongan buah-buahan segar seperti mangga muda, nanas, kedondong, dan jambu air yang dicampur dengan saus rujak yang pedas dan manis.

Kenapa disebut rujak corek karena memang cara membuat rujak tersebut dicorek atau dikeruk. Bahan dari rujak corek adalah mentimun.

Caranya dalah mentimun yang sudah dibersihkan kemudian kulitnya dikupas.Bagian dalam mentimun yang lembut kemudian “dicorek” atau dikeruk.

Rujak Madura biasanya disajikan dengan tambahan rempeyek atau kerupuk sebagai pelengkap. Rasa segar buah-buahan yang dipadukan dengan rasa pedas dan manis saus rujak menciptakan perpaduan yang menyegarkan dan menggugah selera.

Cara menikmatinya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput bumbu yang ada di dalam mentimun.

Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan kuliner madura terkenal, terutama di daerah Surabaya. Hidangan ini terdiri dari lontong (nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang), tahu goreng, tauge, lentho (bakwan kecil), irisan mentimun, dan kuah kacang yang kaya rasa.

Lontong Balap biasanya disajikan dengan tambahan bawang goreng dan sambal. Kombinasi tekstur dan rasa yang beragam membuat Lontong Balap menjadi hidangan yang lezat dan menyenangkan untuk dinikmati.

Kue Apen: Lezatnya Manisnya Khas Sumenep

Jika Anda mencari makanan dengan cita rasa manis yang khas, maka kue apen adalah pilihan yang tepat. Jajanan ini memiliki ciri khasnya sendiri dan berasal dari daerah Sumenep. Kue apen terbuat dari campuran tepung beras, santan, kelapa, dan ragi, yang menciptakan tekstur yang lembut dan menggugah selera.
Saat hendak dinikmati, kue apen akan diberi topping berupa saus gula merah yang telah dicampur dengan jahe dan kayu manis. Perpaduan rasa manis dari gula merah, sensasi hangat dari jahe, dan aroma harum dari kayu manis membuat kue ini semakin menggoda selera. Biasanya, kue apen dijual pada pagi hari sebagai menu sarapan bagi masyarakat lokal.### Loopis Emas: Jajanan Manis Khas Madura

Loopis Emas adalah jajanan manis yang khas dari Madura. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diolah dengan cara khusus. Loopis ini sangat terkenal dan legendaris di Madura. Biasanya, loopis Emas disajikan di atas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa serta larutan gula merah. Setelah itu, jajanan ini dibungkus dengan bentuk segitiga yang khas.
Penyebutan “Loopis Emas” sebenarnya tidak merujuk pada kandungan di dalam jajanan ini. Kata “emas” merujuk pada perhiasan emas murni yang sering menghiasi pergelangan tangan para penjualnya. Nama ini dipilih untuk memberikan kesan istimewa dan bernilai tinggi bagi jajanan ini. Loopis Emas tersedia sepanjang hari, mulai dari pagi hingga sore. ### Bubur Manggul: Makanan Khas Madura Menggugah Selera

bubur mungul

Salah satu makanan khas Madura yang patut dicoba adalah bubur manggul. Bubur manggul terbuat dari campuran tepung beras, santan, daun salam, dan garam. Beberapa penjual juga menambahkan rempah-rempah lain seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, kunyit, dan daun jeruk untuk memberikan rasa yang lebih kaya.
Biasanya, bubur manggul disajikan bersama lontong, serundeng kelapa, dan sambal goreng udang. Kombinasi ini menciptakan harmoni cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Bubur manggul dapat dengan mudah ditemukan di sekitar pasar atau warung-warung makan di Madura, namun hanya dijual pada pagi hari.### Rujak Cingur Khas Madura

Salah satu hidangan khas Madura yang sangat istimewa adalah rujak cingur. Yang membuat rujak cingur di Madura sedikit berbeda adalah penggunaan petis khas Madura yang memberikan sentuhan yang khas pada hidangan ini. Petis di Madura dibuat dengan menggunakan ikan yang memiliki tekstur lembut, memberikan rasa yang unik dan autentik pada bumbu rujak.### Lorjuk: Kelezatan Kerang Bambu Khas Madura

Lorjuk adalah kerang bambu berbentuk kecil dan memanjang. Biasanya, kerang ini hidup di pesisir pantai yang berlumpur. Lorjuk, yang juga dikenal sebagai razor clams, memiliki cangkang berwarna kecokelatan yang khas. Di Madura, masyarakat lokal lorjuk diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat.
Salah satu makanan yang menggunakan lorjuk sebagai bahan utama adalah tumis lorjuk. Rasanya yang gurih membuat hidangan khas Madura ini sangat sayang untuk dilewatkan. Lorjuk juga dapat diolah menjadi lorjuk goreng yang renyah, atau digunakan sebagai bahan dalam camilan yang nikmat. Kerang lorjuk banyak ditemukan di daerah pamekasan.### Kerupuk Paru: Kelezatan Keripik Khas Madura

Salah satu rekomendasi makanan khas Madura yang patut dicoba adalah kerupuk paru. Makanan ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Ya, keripik paru merupakan salah satu olahan khas dari masyarakat Pamekasan. Rasa gurih dan renyah yang dimilikinya menjadikan kerupuk paru ini sangat cocok sebagai oleh-oleh atau camilan saat berwisata ke daerah madura.
Kerupuk paru adalah keripik yang terbuat dari paru sapi yang diolah dengan cara khusus. Paru sapi yang diiris tipis kemudian dikeringkan hingga menjadi keripik yang renyah. Proses pengolahan yang teliti membuat kerupuk paru memiliki tekstur yang unik dan cita rasa yang khas.

Kesimpulan

Makanan khas Madura menawarkan ragam cita rasa yang unik dan menggugah selera. Kelezatan dan keberagaman makanan tersebut merupakan cerminan dari kekayaan budaya dan warisan kuliner yang dimiliki oleh Pulau Madura.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Madura atau saat ini sedang berkunung di madura, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan-makanan khas yang telah disebutkan di atas. Sobat bisa juga menulis review makanan tersebut di kolom komentar. terima kasih…

#

Posted By MasPend Blogger